Perangkat Lunak Dalam Game Development


 

Assalamualaikum..
Pada kali ini Saya akan menjelaskan perangkat lunak yang dipakai pada Game Development. Dalam pembuatan game tentunya kita memerlukan suatu media dalam hal ini adalah software (perangkat lunak) untuk membantu kita dalam pembuatan game yang di inginkan. Softwarenya pun bukan software sembarangan agar kita bisa membuat game dengan grafik yang bagus, tampilan yang menarik dan lain sebagainya agar dapat memikat para gamers untuk membeli game tersebut dan memainkannya. 
Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa perangkat lunak untuk membuat game :

1. AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.
Contoh-contoh game bertipe point and click adalah: Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.

2. Macromedia Flash
Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan, program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game.
Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program ini.

3. Construct 2
Program ini adalah salah satu inovasi dalam pembuatan game, dimana aplikasi yang dibuat mampu dipublikasikan kedalam semua perangkat. Dengan memiliki banyak kelebihan, aplikasi ini dijual dengan harga 150 US Dollar. Banyak orang menggunakan aplikasi ini dalam membuat game untuk android maupun IOS.

4. Game Maker
Game maker adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat game berbasis 2D dan 3D tapi sayangnya game maker  hanya terfokus pada game yang dibuat 2D dari pada 3D ,tapi anda tidak bisa membuat game sekelas dengan Eart of empire II, pada aplikasi ini karena ketersediaan alat pada game maker  sangat terbatas, sehingga para pembuat game biasanya membuat game 2 dinensi,untuk bisa membuat game yang bisa digunakan untuk membuat game 3Dimensi ini antara lain:
-3D game studio
-3Ds max7

kurang lebih itu adalah perangkat lunak game development yang biasanya digunakan.. semoga bermanfaat yaa.

sumber :
http://aldhymahardika16.blogspot.co.id/2016/12/perangkat-lunak-dalam-game-development.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PROPOSAL BISNIS DI BIDANG IT

Hirarki Manajemen Perangkat I/O

KELEMAHAN DARI TEORI PERMAINAN