Pemrosesan Cahaya

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang konfigurasi dan komponen dari model digital cinema dimana salah satunya ada pemrosesan cahaya atau biasa disebut dengan istilah Digital Light Processing

DLP Digital Light Processing adalah singkatan dari Digital Light Processing. Ini adalah metode proyeksi menggunakan chip DLP ®. Dalam hal konfigurasi chip tunggal, cahaya yang dipancarkan dari sumber cahaya dibagi ke dalam tiga warna utama R (merah), G (hijau), dan B (biru) oleh sumbu waktu dengan roda warna berputar dengan kecepatan tinggi. Lampu ini tercermin pada chip DLP ® dan diproyeksikan pada layar melalui lensa. Dalam kasus konfigurasi tiga-chip, sinar terfokus yang dipancarkan dari sumber cahaya adalah collimated (beam paralel) melalui integrator dan kemudian dibagi ke dalam tiga warna utama R (merah), G (hijau), dan B (biru ). Lampu ini diiradiasi dengan chip DLP ®. Warna lampu dimodulasi disintesis dengan prisma warna dan kemudian diperbesar dengan lensa proyeksi.
                                      
Tiga produsen telah melisensi teknologi DLP Cinema yang dikembangkan oleh Texas Instruments (TI): Christie Digital Systems, Barco, dan NEC. Sementara NEC adalah pendatang baru dalam Digital Cinema, Christie adalah pemain utama di Amerika Serikat dan Barco yang memimpin di Eropa dan Asia. Awalnya Proyektor DLP DCI-compliant yang tersedia hanya di resolusi 2K saja, tapi di awal 2012, ketika sudah resolusi 4K DLP Chip TI diproduksi penuh, proyektor DLP telah tersedia di kedua resolusi 2K dan 4K. Awal proyektor DLP Cinema, yang dikerahkan terutama di AS, yang digunakan terbatas pada resolusi 1280 × 1024 atau setara dengan 1,3 MP (megapixel). Digital Projection Incorporated (DPI) dirancang dan dijual ke beberapa unit DLP Cinema (is8-2K) ketika teknologi TI 2K.

Komponen Utama DLP:

1.    Source Light
Teknologi DLP adalah cahaya-sumber agnostik dan dengan demikian dapat digunakan secara efektif dengan berbagai sumber cahaya. Secara historis, sumber cahaya utama yang digunakan pada sistem layar DLP telah menjadi tekanan tinggi diganti lampu xenon arc Unit (mengandung tabung busur kuarsa, reflektor, sambungan listrik, dan kadang-kadang kuarsa / kaca perisai), sedangkan sebagian besar kategori pico (ultra kecil) proyektor DLP menggunakan LED daya tinggi atau laser sebagai sumber penerangan.

2.       DLP Chip
DLP chip mengendalikan putaran color wheel.

3.       Color Wheel
Color Wheel dibagi dalam sector warna utama yaitu red, blue, dan green, dan warna gabungan seperti cyan, magenta,yellow, dan white. Warna gabungan menghasilkan lebih banyak spectrum warna (Brilliant Color).

4.       DMD (Digital Micromirror Device)
DMD chip menggunakan cermin-mikron yang terbuat dari aluminium untuk merefleksikan cahaya dan menampilkan gambar.
DMD juga berisi:
•    IC CMOS DDR SRAM, memory yang secara elektostatis menggerakkan cermin ke posisi on/off sesuai logic yang diberikan
•    Heat Sink
•    Optical Window, yang bias melewatkan cahaya dan melindungi cermin dari debu dan kotoran.

sumber:
http://aliffathurr.blogspot.co.id/2016/11/konfigurasi-dan-komponen-dari-model.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PROPOSAL BISNIS DI BIDANG IT

Hirarki Manajemen Perangkat I/O

KELEMAHAN DARI TEORI PERMAINAN