BUAH TIN

BUAH DARI SURGA... 

Berikut ini firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan hadits terkait khasiat buah tin bagi manusia.
”Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:
“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )” 
Image result for buah tin

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat. Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.

Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.
 
Nutrisi dan Kandungan Buah Tin :

Kandungan nutrisi buah tin dikenal cukup lengkap, baik nutrisi yang berbentuk mineral maupun vitamin. Dengan alasan inilah, akhirnya buah tin diposisikan sebagai buah super nutrition oeh para ahli. Kandungan buah tin di antaranya ada omega 3, omega 6, dan kalium yang fungsiya adalah untuk menjaga agar terhindar dari serangan penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Buah tin juga mengandung coumarin yang berfungsi sebagai penangkal serangan penyakit kanker prostat. Selain itu, buah tin kaya akan kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga agar tulang tetap sehat dan tidak keropos atau osteoporosis. Kandungan trytophan juga terdapat di dalam buah tin yang manfaatnya adalah sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah. Buah tin juga kaya akan serat, dan hal ini tentu sangat baik bagi yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Adapun kandungan dalam buah Tin :

             
Manfaat buah Tin :
1.  Sebagai Sumber Nutrisi

Kandungan yang dimiliki buah tin membuat buah tin dapat memebrikan nutrisi yang baik dan lengkap bagi tubuh. Kandungan yang dimiliki buah tin antara lain, kalsium, serat, dan kalium yang tinggi. Selain itu buah tin juga mengandung sodium yang cukup rendah, serta terdapat senyawa anti kanker, dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A,B, maupun C. Dengan demikian tidak diragukan lagi manfaat yang dihasilkan oleh buah tin ini sangat baik bagi tubuh kita.

2.  Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Buah tin memiliki kandungan serat larut cukup baik. Menurut ahli, kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat buah tin satu ini dapat muncul karena ketika pektin masuk kedalam tubuh, kandungan tersebut akan menyapu semua kolesterol dan membuangnya melalui sistem ekskresi. Baik itu ekskresi berupa BAB, keringat, ataupun dalam bentuk air seni.
 
3.  Bagi Penderita Diabetes

Buah tin memang memiliki rasa yang manis. Meskipun demikian, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah ini tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik. Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan inilah yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagian sistem pencernaan secara optimal. Bahkan, beberapa ahli menambahkan buah satu ini juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, namun dengan syarat konsumsi tidak berlebihan.
  Image result for buah tin
 
4.  Mencegah terjadinya Serangan Jantung

Munculnya serangan jantung dapat disebabkan karena kadar natrium dalam tubuh cukup tinggi, natrium ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh dan plak yang membuat kinerja jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh. Menurut penelitian yang telah dilakukan di Arab Saudi, buah tin mengandung senyawa kalium tinggi yang cukup baik untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Para ahli juga berpendapat, konsumsi buah tin minimal 1x sehari akan membantu menekan resiko Anda terkena serangan jantung mendadak.

 5.  Mengatasi Hipertensi

Buah tin mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebagaimana kita ketahui tekanan darah tinggi disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah, apabila kondisi tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.
 
6.  Mampu mengatasi anemia (kekurangan darah)

Buah tin memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yang dimana zat besi merupakan bahan baku pembentukan hemoglobin darah.  Manfaat buah tin bagi anemia sangatlah luar biasa. Buah satu ini dipercaya mampu mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB)  dalam darah kita. dengan demikian, buah tin bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi anemia.

 7.  Mengatasi Sembelit

Buah tin dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang bersifat laktasif yang terdapat pada buah tin. Dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin tidak hanya mengobati sembelit kronis akan tetapi buah tin juga dapat menjaga kesehatan pencernaan kita.
 
8.  Mencegah Munculnya Tumor

Buah tin mengandung benzaldehide dan phenol, kandungan kedua senyawa ini dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang menjadi penyebab munculnya tumor jinak. Tidak hanya mampu mencegah tumor jinak saja, namun kombinasi antara antioksidan juga cukup efektif untuk membantu Anda cegah penyakit tumor ganas.
 
9.  Menjaga Tulang dan Mencegah Penyakit Tulang

Dalam buah tin terdapat kandungan senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahli gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu. Jadi dapat disimpulkan buah tin sangatlah baik untuk kesehatan tulang, dan sangat diperuntungkan untuk anda berusia 30 keatas untuk mencegah osteoporosis, serta sanagat dianjurkan juga untuk  membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PROPOSAL BISNIS DI BIDANG IT

Hirarki Manajemen Perangkat I/O

KELEMAHAN DARI TEORI PERMAINAN