TUGAS PROPOSAL BISNIS DI BIDANG IT

PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS
SOFTWARE HOUSE




Image result for LOGO gunadarma bekasi




Disusun oleh :

Dewi Sartika Candra (51416907)
Nurul Affifah (55416604)
Oris Pratama (55416691)
Rio Tua Pandapotan (56416455)
Shyfa Andiantono (57416031)
Yuliana Kurniawati (57416852)







TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2019






KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Berkah dan Rahmat-NYA penulis dapat menyelesaikan Proposal Rencana Pembangunan Bisnis ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Ibu Jamilah selaku dosen matakuliah kewirausahaan yang mana telah memberikan sumbang saran baik moril maupun materil :

1.      Orang tua yang senantiasa memberikan doa dan dukungan.
2.      Rekan-rekan seperjuangan yang senantiasa memberikan semangat dan dukungan serta motivasi dalam penyelesaian proposal ini.
3.      Dan pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.

Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal usaha ini adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai rencana usaha yang akan dibuat. Selain maksud tersebut, proposal ini dibuat untuk memenuhi kriteria persyaratan dalam mencapai target tugas mata kuliah kewirausahaan.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunanya, proposal ini masih banyak terdapat kekurangan dan jauh dari sempurna, maka dari itu penulis mengharapkan adanya respon dari pembaca baik berupa kritik maupun saran yang bersifat membangun untuk menyempurnakan dalam menyusun proposal selanjutnya.






Bekasi, 22 Desember 2019


                       Penulis



DAFTAR ISI
Kata Pengantar .....................................................................................
1
Daftar Isi ................................................................................................
2
Executive Summary ..............................................................................

BAB I PENDAHULUAN
 4
1.1. Identitas Perusahaan ............................................................ 
5
1.2. Bidang Usaha dan Bentuk Hukum Usaha  ........................... 
5
1.3. Visi dan Misi Perusahaan..................................................... 
5
1.3.1 Visi  ............................................................................ 
5
1.3.2 Misi  ............................................................................ 
5
1.4. Tujuan dan Sasaran Perusahaan  .......................................... 
6
1.5. Analisis Kompetensi SDM ................................................... 
6
1.6. Rencana Pengembangan Usaha  .......................................... 
6
1.7. Keberhasilan Usaha ............................................................. 
7
1.8. Analisa SWOT ..................................................................... 
7
1.8.1 Strength (Kekuatan) .................................................... 
7
1.8.2 Weakness (Kelemahan) .............................................. 
7
1.8.3 Opportunity (Peluang) ................................................ 
8
1.8.4 Treath (Ancaman) ....................................................... 

BAB II ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
8
2.1. Gambaran Umum Pasar  ...................................................... 
  9
2.2. Analisa Pemasaran  .............................................................. 
  9
2.2.1. Konsumen ............................................................. 
  9
                       2.2.2. Perkiraan Jumlah Permintaan (Konsumen)........... 
  9
2.2.3. Strategi Pemasaran  ............................................... 
10
2.2.4. Analisis Pesaing  ................................................... 
11
2.2.5. Peluang Usaha  ...................................................... 
12


              BAB III ASPEK PRODUKSI
            3.1. Produk dan Jasa ................................................................... 
13
            3.2. Proses Produksi  ................................................................... 
13
3.3. Jumlah Tenaga Kerja  .......................................................... 
14
3.3.1.IT Project Manager..................................................... 
14
3.3.2. Sekretaris  .................................................................. 
14
3.3.3. Bendahara  ................................................................. 
15
3.3.4. Programmer................................................................ 
15
 
BAB IV ASPEK KEUANGAN

            4.1. Rencana Anggaran Biaya  .................................................... 

BAB V PENUTUP
16
5.1. Kesimpulan  ......................................................................... 
17
5.2. Saran  ................................................................................... 
17






Executive Summary

Seiring dengan berkembangnnya sistem informasi pada era globalisasi ini teknologi yang ada semakin maju, dan semakin canggih. Dilihat dari hal tersebut maka banyak orang berminat untuk terjun ke dalam bidang komputer. Selain itu penggunaannya yang dapat membantu sistem kerja, dapat pula memberikan wawasan yang lebih luas. Salah satu contoh penerapannya yaitu pembuatan website application dan mobile application.

Software house merupakan suatu perusahaan dimana bidang yang digeluti berupa pengembangan sorfware atau software development. Software house dapat dijalankan oleh individu, kelompok maupun sebuah perusahaan dimana pekerjaan utamanya adalah membuat perangkat lunak atau software. Salah satu produk yang paling terkenal dari software house adalah website. Baik website untuk perusahaan, kampus, maupun website untuk toko online.

Program ini dapat digunakan dalam segala bidang baik itu secara umum maupun secara khusus sehingga dapat memudahkan dan  mempercepat waktu pengerjaan. Dari data di atas dapat di analisa permasalahan atau kesulitan yang akan terjadi, yaitu estimasi waktu pengerjaan, estimasi biaya, adanya permintaan tambahan fungsi aplikasi secara mendadak di luar kontrak dengan klien, serta kecepatan proses dalam pengerjaannya.




BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Identitas Perusahaan

Usaha yang akan dibangun ini bernama OOP ( Oke Oce Production ) , Pemilihan nama di ambil dari salah satu konsep didalam pemrograman yaitu Object Oriented Programming atau disingkat OOP. Kami mengambil nama tersebut karena perusahaan ini berfokus dibidang Mobile Application, Web Application, SEO ( Search Engine Optimization ) Analyst.

1.2     Bidang Usaha dan Bentuk Hukum Usaha

Badan usaha yang kami dirikan ini baru dan belum mempunyai badan hukum yang tatap, namun dalam perkembangannya nanti kami akan mengajukan pembuatan NPWP agar kami mempunyai badan hukum yang tetap. Untuk teknologi yang kami gunakan bersifat fleksibel dan sesuai dengan permintaan client.

1.3 Visi dan Misi Perusahaan 

            1.3.1 Visi

Visi dari Oke Oce Production ini adalah :
Menjadi perusahaan Software House yang terdepan dengan menggunakan teknologi terbaru dan menghasilkan produk inovatif.  

            1.3.2 Misi

Misi dari Oke Oce Production ini adalah :  
Menyediakan pelayanan dengan kualitas produk yang terbaik.

1.4 Tujuan dan Sasaran Perusahaan

Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk membangun suatu Software House yang menghasilkan produk yang inovatif dan aplikasi yang dapat memajukan perusahaan – perusahaan kecil menengah yang memesan produk – produk pada kami. Sasaran perusahaan ini adalah masyarakat, lembaga atau instansi  maupun perusahaan kecil menengah yang membutuhkan sebuah software.

1.5 Analisis Kopetensi SDM

Tim kami mempunyai Sumber Daya yang berkualitas untuk menjalankan usaha di bidang Mobile Application, Web Application dan SEO Analyst, di buktikan dengan pekerja yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi dibidangnya. Beberapa skill yang di kuasai oleh anggota tim :
1.      Menguasai pemograman web HTML, PHP, CSS dan JavaScript
2.      Menguasai pemrograman mobile React Native
3.      Menguasai Pembuatan dan Optimasi database berbasis SQL maupun NO-SQL
4.      Menguasai web SEO Analysis menggunakan Google Analytic.

1.6 Rencana Pengembangan Perusahaan

Perusahaan ini akan terus dikembangkan sesuai dengan visi misi perusahaan kami, bahkan kami akan membuka cabang baru di daerah-daerah yang sangat berpeluang untuk usaha ini. Untuk modal pengembangan usaha akan kami tambah dari modal sendiri serta kredit bank.
Beberapa langkah yang akan kami lakukan untuk memajukan pengembangan perusahaan :
1.      Merekrut Karyawan yang kompeten dibidangnya.
2.      Mentraining karyawan untuk meningkatkan kualitas  perusahaan.
3.      Saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.
  

1.7 Keberhasilan Perusahaan

Kami yakin perusahaan ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya di tentukan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1.      Pelayanan Jasa kami yang cepat, kompeten, dan bertanggung jawab
2.      Letak yang strategis dalam mendirikan usaha yaitu di sekitar Pusat Ekonomi Kota.
3.      Keunggulan layanan SEO Analysis yang akan membuat produk buatan kami menjadi Top Page hasil pencarian Google.
4.      Anggota tim yang mempunyai link dan partner yang banyak.
5.      Kemampuan dan skill dari anggota tim yang sudah tersertifikasi.
6.      Harga dari jasa yang di tawarkan terjangkau.

1.8 Analisa SWOT 

1.8.1 Strength (Kekuatan)

Kekuatan dari Perusahaan ini adalah :
1        Menghasilkan produk yang inovatif.
2        Menggunakan Teknologi terbaru.
3        Layanan SEO Analysis
4        Memberikan pelayanan yang nyaman dan berkualitas.
5        Lokasi strategis.

1.8.2 Weakness (Kelemahan)

Kelemahan dari Perusahaan ini adalah :

1.      Membutuhkan modal yang besar.
2.      Produksi tergantung pemesanan dari client. 

1.8.3 Opportunity (Peluang)

    Peluang dari perusahaan ini adalah :
1.      Banyaknya perusahaan kecil menengah yang mengimplementasi teknologi dalam kegiatan usahanya.
2.      Sedikitnya implementasi SEO Analysis di perusahaan lain.
3.      Mudah menarik minat client karena tempat yang strategis.

1.8.4 Threat (Ancaman)

          Ancaman yang ada dari usaha Desain Web adalah :
1.      Banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang yang sama dengan perusahaan ini.
2.      Kurangnya minat perusahaan yang menggunakan jasa pembuatan aplikasi.





BAB II
ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN

2.1     Gambaran umum pasar        

Prospek pasar dibidang pembuatan jasa web application dan mobile application cukup luas, untuk itu kami berfokus pada daerah Bekasi dan Jakarta dimana kami melihat kebutuhan jasa tersebut untuk lembaga dan perusahaan – perusahaan kecil maupun menengah yang ingin mengimplementasikan tekonologi terbaru dan aplikasi yang menunjang kegiatan perusahaan tersebut.

2.2     Analisa Pemasaran

2.2.1.      Konsumen
                                 a. Sasaran Utama Konsumen 
1.       Teman-teman dari kami yang sudah mengetahui kapasitas kerja dan kemampuan kami.

2.       Perusahaan – Perusahaan kecil ataupun menengah sekitar tempat usaha.
3.       Lembaga swasta  ataupun pemerintah sekitar tempat usaha pada umumnya.
4.       Masyarakat sekitar tempat usaha pada umumnya

2.2.2.      Perkiraan Jumlah Permintaan ( Konsumen )                        
Dari data persediaan product dan jasa di atas dapat di perkirakan jumlah permintaan dan penawaran setiap bulannya dari konsumen dengan data sebagai berikut :

Analisa Penjualan produk dan jasa dalam bulan ke 1-3
Product dan Jasa
Harga Satuan
Jumlah Permintaan
Total
Keterangan
pembuatan webiste pribadi
Rp 2.800.000,-
4
Rp 11.200.000,-

pembuatan website organisasi dan forum
Rp 5.000.000,-
2
Rp 10.000.000,-

Pembuatan Website Komersil
Rp 25.000.000,-
2
Rp 50.000.000,-

Pembuatan Program Mobile Application
Rp 15.000.000,-
6
Rp 90.000.000,-

Jasa SEO analisis
Rp 5.000.000,-
8
Rp 40.000.000,-

Konsultasi IT
-
-
-
gratis
Total Perkiraan Permintaan

14
Rp 201.200.000,-


2.2.3.    Strategi Pemasaran

a.      Keterangan Produk 

      Produk yang akan di jual berupa pelayanan jasa yang di kerjakan oleh anggota tim yang sudah memiliki skil dan keterampilan di masing-masing bidang.

b.     Keunggulan Produk dan Jasa
Disini kami tidak hanya menyediakan pelayanan jasa saat pelanggan masuk, namun untuk jaringan kami memberikan maintenance atau garansi untuk masalah-masalah teknis khusunya desain web. Kami juga memberikan pelayanan jasa untuk scaning virus dan konsultasi masalah IT secara gratis kepada konsumen.

c.      Harga Produk

      Harga yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari klien banyaknya modul yang dibutuhkan.

d.     Jalur Penjualan

      Penjualan Produk dan jasa akan Kami lakukan baik dengan mengajukan proposal aplikasi kepada lembaga swasta ataupun pemerintah, namun Kami juga menerima permintaan dari perusahaan kecil hingga menengah. Penjualan kami lakukan secara langsung maupun melalui internet.

e.      Promosi

      Untuk promosi priorotas utama kami adalah melalui website, social media dan pamflet yang akan di sebar di sekitar komplek, universitas, areal pasar. Kemudian presentasi langsung ke-kantor kantor dan lembaga yang membutuhkan sebuah sistem informasi untuk kantor maupun lembaganya.

f.        Garansi

       Setiap Penjualan jasa yang kami lakukan akan kami berikan garansi                 yaitu maintenance aplikasi selama 6 bulan setelah kontrak berakhir.
 

2.2.4.    Analisis Pesaing

a.         Tahap Survey Pesaing
Tahap survei yang kami lakukan untuk menganalisis pesaing di sekitar lokasi usaha yang akan kami jalankan yaitu dengan meninjau lokasi pesaing dan informasi produk dan jasa yang disediakan oleh pesaing.
b.        Jumlah Pesaing
Dari survei yang kami lakukan ada beberapa bentuk service komputer dan penjualan komputer yaitu :
Daerah Lokasi
Jumlah
Jakarta Center
2
Senayan
3
Bekasi Center
2
Simatupang
1
Jakasampurna
2


 Keunggulan dan Kekurangan Pesaing
                                 Dari data yang kami kumpulkan ada beberapa kelebihan dan kekurangan                                           pesaing
             
                                            Kelebihan :

1.      Penjualan Aksesoris yang sudah lengkap

2.      Jumlah pelanggan tetap yang sudah banyak

3.      Tingkat kepercayaan konsumen yang sudah tinggi.

Kekurangan :

1.      Tingkat Pelayanan jasa yang masih kurang nyaman dan ramah

2.      Keterlambatan waktu perbaikan komputer bahkan untuk instalasi komputer itu mencapai 1 hingga 2 hari

3.      Tidak ada layanan pembuatan web design, web blog dan editing

4.      Kemampuan anggota teknisi yang masih minim

5.      Semua bentuk pelayanan jasa mempunyai nilai bayar

6.      Susah untuk menerima panggilan langsung ke rumah

2.2.5     Peluang Usaha

Dari beberapa kekurangan yang ada pada pesaing, maka kami bisa melihat peluang pasar yang cukup menguntungkan, dimana untuk menarik pelaggan kami menyediakan layanan maintenance dan konsultasi masalah IT secara gratis. Kami juga mengutamakan pelayanan jasa yang cepat. Hal inilah yang akan membuat peluang pasar kami di daerah Jakarta dan Bekasi menjadi cukup bagus, terutama untuk lembaga pemerintah ataupun perusahaan swasta.




BAB III
ASPEK PRODUKSI

3.1   Produk dan Jasa

Jenis layanan yang kita tawarkan dari perusahaan kami diantaranya:

1.      Web Application

·         Web design
·         Perancangan  Database dan struktur data
·         Pembuatan Website dengan HTML, CSS, PHP ataupun dengan framework laravel, React, Vue.
·         Optimasi dari Kecepatan website
·         Website from scratch or with CMS like wordpress.
·         Keamanan protokol dari website
·         Jasa hosting Website
·         Maintenance dan Update

2.      Mobile Apps

·         Pembuatan UI/UX dari rancangan mobile apps
·         Pembuatan secara native ataupun hybrid
·         Optimasi size aplikasi mobile
·         Perancangan struktur data dari aplikasi mobile serta perancangan database
·         Maintenance dan Update

3.      SEO

·         Optimasi dengan keyword yang cocok untuk website yang dibuat
·         Optimasi backlink dan keyword organic
·         Analytics volume keyword
·         Pembuatan unik URL
·         Pembuatan web PBN untuk mencari traffic volume

3.2   Proses Produksi

A.    Adapun proses produksi pembuatan dari sebuah website dan mobile apps serupa, diantaranya :

1.      Client datang ke kantor, ataupun meeting diluar kantor untuk membahas aplikasi yang ingin dibuat.
2.      Mencatat kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk aplikasi tersebut.
3.      Lalu pihak kantor akan membuat sebuah desain tampilan berupa wireframe ataupun mockup dari aplikasi tersebut.
4.      Jika client setuju, bisa langsung diminta untuk tanda tangan perjanjian untuk estimasi lama pengerjaan dan estimasi biaya yang diperlukan.
5.      Developer kami akan mulai membuat dan dalam prosesnya setengah jadi akan kami berikan kepada client namun harus memberikan biaya 50% terlebih dahulu, lalu client akan menerima aplikasi setengah jadi tersebut.
6.      Developer akan lanjut mengerjakan hingga selesai, dan akan diperlihatkan kepada client. Jika client sudah oke dan melakukan pelunasan aplikasi akan langsung diberikan kepada client

B.     Proses untuk SEO, diantaranya :

1.      Client datang menemui kami atau bertemu di sebuah tempat, lalu client mengunjukkan websitenya kepada kami.
2.      Kami akan menganalisasi keyword yang pas untuk optimasi website yang sudah dibuat.
3.      Pencarian keyword akan menggunakan aplikasi HREF untuk melihat kompetitor - kompetitor menggunakan kata kunci apa saja.
4.      Jika client setuju untuk optimasi websitenya, kami akan melakukan kontrak kerja persetujuan dengan client

C.     Bahan Baku :

            Adapun bahan baku yang dipakai oleh tim kami, diantaranya :\

·         Laptop dan komputer
·         Software VS Code, HREF, dan Emulator
·         Perangkat Mobile Device
·         Software Figma
·         Jaringan Internet
·         Hosting

3.3   Jumlah Tenaga Kerja

Adapun jumlah pekerja di dalam perusahaan ini berjumlah 6 orang yang masing - masing mempunyai tugas dan tanggung jawab masing - masing :

3.3.1        IT Project Manager
·         Mengatur semua tugas yang developer
·         Melakukan pemecahan masalah apabila terdapat kendala
·         Melakukan penjadwalan pengerjaan setiap modulenya
·         Melakukan meeting dengan client di dalam ataupun diluar kantor

3.3.2        Sekretaris
·         Melakukan pencatatan client yang datang
·         Melakukan pencatatan kinerja dari setiap pekerja
·         Bertanggung jawab dengan IT Project Manager





3.3.3        Bendahara
·         Melakukan pencatatan keungan masuk dan keluar
·         Melakukan pembagian hasil kepada pekerja
·         Mengelola keuangan kantor
·         Membuat laporan keuangan

3.3.4        Programmer 
·         Melakukan design mockup, struktur data, dan perancangan database
·         Membuat website ataupun mobile application berdasarkan permintaan client
·         Melakukan testing terhadap aplikasi yang sudah dibuat
·         Fixing Bug apabila terdapat bug di dalam aplikasi yang dibuat
·         Melakukan maintenance apabila client meminta
·         Mempelajari teknologi terbaru




BAB IV
ASPEK KEUANGAN

       4.1  Rencana Anggaran Biaya

Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar  Rp 205.770.000 ( Dua Ratus Lima Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Ribu Rupiah ) dengan rincian sebagai berikut :
no
kebutuhan
banyak
satuan
harga/satuan
jumlah

Tahap Awal




1
sewa toko
1
tahun
 Rp 50000000
 Rp 50000000
2
meja + kursi
2
set
 Rp 3000000
 Rp 6000000
3
workspace
6
set
 Rp 2000000
 Rp 12000000
4
kabel rol
4
buah
 Rp 35000
 Rp 140000
5
Alat kebersihan
1
set
 Rp 55000
 Rp 55000
6
Pasang Indihome
2
set
 Rp 450000
 Rp 900000

total



 Rp 69095000

Pembelian Alat




7
imac
6
set
 Rp 21000000
 Rp 126000000
8
printer
1
set
 Rp 1000000
 Rp 1000000
9
speaker
1
set
 Rp 500000
 Rp 500000
10
papan tulis
1
set
 Rp 75000
 Rp 75000

total



 RP 127575000

Alat Lain




11
listrik
1
bulan
 Rp 500000
 Rp 500000
12
telepon
1
buah
 Rp 700000
 Rp 700000
13
dispenser
1
buah
 Rp 350000
 Rp 350000
14
kulkas kecil
1
buah
 Rp 550000
 Rp 550000

total



 Rp 2100000
15
biaya tak terduga


 Rp 7000000
 Rp 7000000








total seluruhnya


 Rp 205770000




BAB V
PENUTUP 

              5.1 Kesimpulan            

Berdirinya berbagai perusahaan dikarenakan adanya kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang membutuhkan teknologi untuk mendukung perkembangan usaha nya, terlebih usaha dalam bidang teknologi yang semakin maju karena sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang akan mencobanya. Hal itu juga yang mengispirasi kami untuk membangun usaha yang kami beri nama Oke Oce Production.
5.2 Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, kami mempunyai beberapa saran,antara lain:
         1. Terus mengikuti perkembangan teknologi.
         2. Mempunyai etos kerja yang tinggi. 
         3. Selalu mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. 
         4. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan inovatif. 
         5. Mengutamakan kepuasan pelanggan.  







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hirarki Manajemen Perangkat I/O

KELEMAHAN DARI TEORI PERMAINAN