TUGAS PROPOSAL BISNIS DI BIDANG IT
PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS
SOFTWARE HOUSE
Disusun oleh :
Dewi Sartika Candra (51416907)
Nurul Affifah (55416604)
Oris Pratama (55416691)
Rio Tua Pandapotan (56416455)
Shyfa Andiantono (57416031)
Yuliana Kurniawati (57416852)
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2019
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas Berkah dan Rahmat-NYA penulis dapat menyelesaikan Proposal
Rencana Pembangunan Bisnis ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas
bantuan dari Ibu Jamilah selaku dosen matakuliah kewirausahaan yang mana telah
memberikan sumbang saran baik moril maupun materil :
1.
Orang
tua yang senantiasa memberikan doa dan dukungan.
2.
Rekan-rekan
seperjuangan yang senantiasa memberikan semangat dan dukungan serta motivasi
dalam penyelesaian proposal ini.
3.
Dan
pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal
usaha ini adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai rencana
usaha yang akan dibuat. Selain maksud tersebut, proposal ini dibuat untuk
memenuhi kriteria persyaratan dalam mencapai target tugas mata kuliah
kewirausahaan.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunanya, proposal
ini masih banyak terdapat kekurangan dan jauh dari sempurna, maka dari itu
penulis mengharapkan adanya respon dari pembaca baik berupa kritik maupun saran
yang bersifat membangun untuk menyempurnakan dalam menyusun proposal
selanjutnya.
Bekasi, 22 Desember 2019
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar .....................................................................................
|
1
|
Daftar
Isi
................................................................................................
|
2
|
Executive Summary
..............................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
|
4
|
1.1. Identitas Perusahaan
............................................................
|
5
|
1.2. Bidang Usaha dan Bentuk Hukum Usaha ...........................
|
5
|
1.3. Visi dan Misi
Perusahaan.....................................................
|
5
|
1.3.1 Visi
............................................................................
|
5
|
1.3.2 Misi
............................................................................
|
5
|
1.4. Tujuan dan Sasaran Perusahaan
..........................................
|
6
|
1.5. Analisis Kompetensi SDM ...................................................
|
6
|
1.6. Rencana Pengembangan Usaha
..........................................
|
6
|
1.7. Keberhasilan Usaha
.............................................................
|
7
|
1.8. Analisa SWOT .....................................................................
|
7
|
1.8.1 Strength (Kekuatan)
....................................................
|
7
|
1.8.2 Weakness (Kelemahan)
..............................................
|
7
|
1.8.3 Opportunity (Peluang)
................................................
|
8
|
1.8.4 Treath (Ancaman)
.......................................................
BAB II
ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
|
8
|
2.1. Gambaran Umum Pasar
......................................................
|
9
|
2.2. Analisa Pemasaran
..............................................................
|
9
|
2.2.1. Konsumen
.............................................................
|
9
|
2.2.2.
Perkiraan Jumlah Permintaan (Konsumen)...........
|
9
|
2.2.3. Strategi Pemasaran
...............................................
|
10
|
2.2.4. Analisis Pesaing
...................................................
|
11
|
2.2.5. Peluang Usaha
......................................................
|
12
|
3.1. Produk dan Jasa
...................................................................
|
13
|
3.2. Proses Produksi ...................................................................
|
13
|
3.3. Jumlah Tenaga Kerja
..........................................................
|
14
|
3.3.1.IT Project Manager.....................................................
|
14
|
3.3.2. Sekretaris
..................................................................
|
14
|
3.3.3. Bendahara
.................................................................
|
15
|
3.3.4. Programmer................................................................
|
15
|
BAB
IV ASPEK KEUANGAN
|
|
4.1. Rencana Anggaran Biaya
....................................................
BAB
V PENUTUP
|
16
|
5.1. Kesimpulan .........................................................................
|
17
|
5.2. Saran
...................................................................................
|
17
|
Executive
Summary
Seiring dengan berkembangnnya sistem informasi pada era globalisasi
ini teknologi yang ada semakin maju, dan semakin canggih. Dilihat dari hal
tersebut maka banyak orang berminat untuk terjun ke dalam bidang komputer.
Selain itu penggunaannya yang dapat membantu sistem kerja, dapat pula
memberikan wawasan yang lebih luas. Salah satu contoh penerapannya yaitu
pembuatan website application dan mobile application.
Software house merupakan suatu perusahaan dimana bidang yang digeluti
berupa pengembangan sorfware atau software development. Software house dapat
dijalankan oleh individu, kelompok maupun sebuah perusahaan dimana pekerjaan
utamanya adalah membuat perangkat lunak atau software. Salah satu produk yang
paling terkenal dari software house adalah website. Baik website untuk
perusahaan, kampus, maupun website untuk toko online.
Program ini dapat digunakan dalam segala bidang baik itu secara umum
maupun secara khusus sehingga dapat memudahkan dan mempercepat waktu pengerjaan. Dari data di
atas dapat di analisa permasalahan atau kesulitan yang akan terjadi, yaitu
estimasi waktu pengerjaan, estimasi biaya, adanya permintaan tambahan fungsi
aplikasi secara mendadak di luar kontrak dengan klien, serta kecepatan proses
dalam pengerjaannya.
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Identitas Perusahaan
Usaha yang akan dibangun ini bernama OOP ( Oke Oce
Production ) , Pemilihan nama di ambil dari salah satu konsep didalam
pemrograman yaitu Object Oriented Programming atau disingkat OOP. Kami
mengambil nama tersebut karena perusahaan ini berfokus dibidang Mobile Application, Web Application, SEO ( Search Engine Optimization ) Analyst.
1.2 Bidang Usaha dan Bentuk
Hukum Usaha
Badan usaha yang
kami dirikan ini baru dan belum mempunyai badan hukum yang tatap, namun dalam
perkembangannya nanti kami akan mengajukan pembuatan NPWP agar kami mempunyai
badan hukum yang tetap. Untuk teknologi yang kami gunakan bersifat fleksibel
dan sesuai dengan permintaan client.
1.3 Visi dan Misi Perusahaan
1.3.1 Visi
Visi dari Oke Oce Production ini
adalah :
Menjadi perusahaan Software House
yang terdepan dengan menggunakan teknologi terbaru dan menghasilkan produk
inovatif.
1.3.2 Misi
Misi dari Oke Oce Production ini
adalah :
Menyediakan
pelayanan dengan kualitas produk yang terbaik.
1.4 Tujuan dan Sasaran Perusahaan
Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk membangun suatu
Software House yang menghasilkan produk yang inovatif dan aplikasi yang dapat
memajukan perusahaan – perusahaan kecil menengah yang memesan produk – produk
pada kami. Sasaran perusahaan ini adalah masyarakat, lembaga atau
instansi maupun
perusahaan kecil menengah yang membutuhkan sebuah software.
1.5 Analisis Kopetensi SDM
Tim kami
mempunyai Sumber Daya yang berkualitas untuk menjalankan usaha di bidang Mobile Application, Web Application dan SEO Analyst, di buktikan dengan pekerja
yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi dibidangnya. Beberapa skill yang di
kuasai oleh anggota tim :
1. Menguasai
pemograman web HTML, PHP, CSS dan JavaScript
2. Menguasai
pemrograman mobile React Native
3. Menguasai
Pembuatan dan Optimasi database berbasis SQL maupun NO-SQL
4. Menguasai
web SEO Analysis menggunakan Google Analytic.
1.6 Rencana Pengembangan Perusahaan
Perusahaan ini
akan terus dikembangkan sesuai dengan visi misi perusahaan kami, bahkan kami
akan membuka cabang baru di daerah-daerah yang sangat berpeluang untuk usaha
ini. Untuk modal pengembangan usaha akan kami tambah dari modal sendiri serta
kredit bank.
Beberapa langkah
yang akan kami lakukan untuk memajukan pengembangan perusahaan :
1. Merekrut
Karyawan yang kompeten dibidangnya.
2. Mentraining
karyawan untuk meningkatkan kualitas
perusahaan.
3. Saling
berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui
internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.
1.7 Keberhasilan Perusahaan
Kami
yakin perusahaan ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya di tentukan
oleh beberapa hal sebagai berikut:
1. Pelayanan
Jasa kami yang cepat, kompeten, dan bertanggung jawab
2. Letak
yang strategis dalam mendirikan usaha yaitu di sekitar Pusat Ekonomi Kota.
3. Keunggulan
layanan SEO Analysis yang akan membuat produk buatan kami menjadi Top Page
hasil pencarian Google.
4. Anggota
tim yang mempunyai link dan partner yang banyak.
5. Kemampuan
dan skill dari anggota tim yang sudah tersertifikasi.
6. Harga
dari jasa yang di tawarkan terjangkau.
1.8 Analisa SWOT
1.8.1 Strength
(Kekuatan)
Kekuatan
dari Perusahaan ini adalah :
1
Menghasilkan
produk yang inovatif.
2
Menggunakan
Teknologi terbaru.
3
Layanan SEO Analysis
4
Memberikan
pelayanan yang nyaman dan berkualitas.
5
Lokasi
strategis.
1.8.2 Weakness
(Kelemahan)
Kelemahan dari Perusahaan ini adalah
:
1. Membutuhkan
modal yang besar.
2. Produksi
tergantung pemesanan dari client.
1.8.3 Opportunity
(Peluang)
Peluang
dari perusahaan ini adalah :
1. Banyaknya perusahaan kecil menengah
yang mengimplementasi teknologi dalam kegiatan usahanya.
2. Sedikitnya implementasi SEO Analysis
di perusahaan lain.
3. Mudah menarik minat client karena
tempat yang strategis.
1.8.4 Threat (Ancaman)
Ancaman
yang ada dari usaha Desain Web adalah :
1. Banyaknya perusahaan yang bergerak
dibidang yang sama dengan perusahaan ini.
2. Kurangnya minat perusahaan yang
menggunakan jasa pembuatan aplikasi.
BAB
II
ASPEK
PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
2.1
Gambaran umum pasar
Prospek pasar
dibidang pembuatan jasa web application dan mobile application cukup luas,
untuk itu kami berfokus pada daerah Bekasi dan Jakarta dimana kami melihat
kebutuhan jasa tersebut untuk lembaga dan perusahaan – perusahaan kecil maupun
menengah yang ingin mengimplementasikan tekonologi terbaru dan aplikasi yang
menunjang kegiatan perusahaan tersebut.
2.2 Analisa Pemasaran
2.2.1.
Konsumen
a. Sasaran Utama Konsumen
1.
Teman-teman dari kami yang
sudah mengetahui kapasitas kerja dan kemampuan kami.
2.
Perusahaan – Perusahaan kecil ataupun
menengah sekitar tempat usaha.
3.
Lembaga swasta ataupun pemerintah sekitar tempat usaha pada
umumnya.
4.
Masyarakat sekitar tempat usaha
pada umumnya
2.2.2. Perkiraan
Jumlah Permintaan ( Konsumen )
Dari
data persediaan product dan jasa di atas dapat di perkirakan jumlah permintaan
dan penawaran setiap bulannya dari konsumen dengan data sebagai berikut :
Analisa
Penjualan produk dan jasa dalam bulan ke 1-3
Product dan Jasa
|
Harga Satuan
|
Jumlah Permintaan
|
Total
|
Keterangan
|
pembuatan webiste pribadi
|
Rp 2.800.000,-
|
4
|
Rp 11.200.000,-
|
|
pembuatan website organisasi dan forum
|
Rp 5.000.000,-
|
2
|
Rp 10.000.000,-
|
|
Pembuatan Website Komersil
|
Rp 25.000.000,-
|
2
|
Rp 50.000.000,-
|
|
Pembuatan Program Mobile Application
|
Rp 15.000.000,-
|
6
|
Rp 90.000.000,-
|
|
Jasa SEO analisis
|
Rp 5.000.000,-
|
8
|
Rp 40.000.000,-
|
|
Konsultasi IT
|
-
|
-
|
-
|
gratis
|
Total Perkiraan Permintaan
|
14
|
Rp 201.200.000,-
|
2.2.3. Strategi Pemasaran
a.
Keterangan
Produk
Produk yang akan di jual berupa pelayanan jasa yang di kerjakan oleh anggota tim yang sudah memiliki skil dan keterampilan di masing-masing bidang.
Produk yang akan di jual berupa pelayanan jasa yang di kerjakan oleh anggota tim yang sudah memiliki skil dan keterampilan di masing-masing bidang.
b. Keunggulan
Produk dan Jasa
Disini
kami tidak hanya menyediakan pelayanan jasa saat pelanggan masuk, namun untuk
jaringan kami memberikan maintenance atau garansi untuk masalah-masalah teknis
khusunya desain web. Kami juga memberikan pelayanan jasa untuk scaning virus
dan konsultasi masalah IT secara gratis kepada konsumen.
c.
Harga Produk
Harga yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari klien banyaknya modul yang dibutuhkan.
Harga yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari klien banyaknya modul yang dibutuhkan.
d.
Jalur Penjualan
Penjualan Produk dan jasa akan Kami lakukan baik dengan mengajukan proposal aplikasi kepada lembaga swasta ataupun pemerintah, namun Kami juga menerima permintaan dari perusahaan kecil hingga menengah. Penjualan kami lakukan secara langsung maupun melalui internet.
Penjualan Produk dan jasa akan Kami lakukan baik dengan mengajukan proposal aplikasi kepada lembaga swasta ataupun pemerintah, namun Kami juga menerima permintaan dari perusahaan kecil hingga menengah. Penjualan kami lakukan secara langsung maupun melalui internet.
e.
Promosi
Untuk promosi priorotas utama kami adalah melalui website, social media dan pamflet yang akan di sebar di sekitar komplek, universitas, areal pasar. Kemudian presentasi langsung ke-kantor kantor dan lembaga yang membutuhkan sebuah sistem informasi untuk kantor maupun lembaganya.
Untuk promosi priorotas utama kami adalah melalui website, social media dan pamflet yang akan di sebar di sekitar komplek, universitas, areal pasar. Kemudian presentasi langsung ke-kantor kantor dan lembaga yang membutuhkan sebuah sistem informasi untuk kantor maupun lembaganya.
f.
Garansi
Setiap Penjualan jasa yang kami lakukan akan kami berikan garansi yaitu maintenance aplikasi selama 6 bulan setelah kontrak berakhir.
2.2.4. Analisis Pesaing
a.
Tahap
Survey Pesaing
Tahap
survei yang kami lakukan untuk menganalisis pesaing di sekitar lokasi usaha
yang akan kami jalankan yaitu dengan meninjau lokasi pesaing dan informasi
produk dan jasa yang disediakan oleh pesaing.
b.
Jumlah
Pesaing
Dari
survei yang kami lakukan ada beberapa bentuk service komputer dan penjualan
komputer yaitu :
Daerah Lokasi
|
Jumlah
|
|
Jakarta Center
|
2
|
|
Senayan
|
3
|
|
Bekasi Center
|
2
|
|
Simatupang
|
1
|
|
Jakasampurna
|
2
|
Keunggulan dan Kekurangan Pesaing
Dari data yang kami kumpulkan ada beberapa kelebihan dan kekurangan pesaing
Kelebihan :
1.
Penjualan Aksesoris yang sudah
lengkap
2.
Jumlah pelanggan tetap yang
sudah banyak
3.
Tingkat kepercayaan konsumen
yang sudah tinggi.
Kekurangan :
1.
Tingkat Pelayanan jasa yang
masih kurang nyaman dan ramah
2.
Keterlambatan waktu perbaikan
komputer bahkan untuk instalasi komputer itu mencapai 1 hingga 2 hari
3.
Tidak ada layanan pembuatan web
design, web blog dan editing
4.
Kemampuan anggota teknisi yang
masih minim
5.
Semua bentuk pelayanan jasa
mempunyai nilai bayar
6.
Susah untuk menerima panggilan
langsung ke rumah
2.2.5
Peluang Usaha
Dari beberapa kekurangan yang ada pada pesaing, maka kami bisa
melihat peluang pasar yang cukup menguntungkan, dimana untuk menarik pelaggan
kami menyediakan layanan maintenance dan konsultasi masalah IT secara gratis.
Kami juga mengutamakan pelayanan jasa yang cepat. Hal inilah yang akan membuat
peluang pasar kami di daerah Jakarta dan Bekasi menjadi cukup bagus, terutama
untuk lembaga pemerintah ataupun perusahaan swasta.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
3.1
Produk dan Jasa
Jenis
layanan yang kita tawarkan dari perusahaan kami diantaranya:
1.
Web
Application
·
Web
design
·
Perancangan
Database dan struktur data
·
Pembuatan
Website dengan HTML, CSS, PHP ataupun dengan framework laravel, React, Vue.
·
Optimasi
dari Kecepatan website
·
Website
from scratch or with CMS like wordpress.
·
Keamanan
protokol dari website
·
Jasa
hosting Website
·
Maintenance
dan Update
2.
Mobile
Apps
·
Pembuatan
UI/UX dari rancangan mobile apps
·
Pembuatan
secara native ataupun hybrid
·
Optimasi
size aplikasi mobile
·
Perancangan
struktur data dari aplikasi mobile serta perancangan database
·
Maintenance
dan Update
3.
SEO
·
Optimasi
dengan keyword yang cocok untuk website yang dibuat
·
Optimasi
backlink dan keyword organic
·
Analytics
volume keyword
·
Pembuatan
unik URL
·
Pembuatan
web PBN untuk mencari traffic volume
3.2
Proses Produksi
A.
Adapun
proses produksi pembuatan dari sebuah website dan mobile apps serupa,
diantaranya :
1. Client datang ke kantor, ataupun
meeting diluar kantor untuk membahas aplikasi yang ingin dibuat.
2. Mencatat kebutuhan apa saja yang
diperlukan untuk aplikasi tersebut.
3. Lalu pihak kantor akan membuat
sebuah desain tampilan berupa wireframe ataupun mockup dari aplikasi tersebut.
4. Jika client setuju, bisa langsung
diminta untuk tanda tangan perjanjian untuk estimasi lama pengerjaan dan
estimasi biaya yang diperlukan.
5. Developer kami akan mulai membuat
dan dalam prosesnya setengah jadi akan kami berikan kepada client namun harus
memberikan biaya 50% terlebih dahulu, lalu client akan menerima aplikasi
setengah jadi tersebut.
6. Developer akan lanjut mengerjakan
hingga selesai, dan akan diperlihatkan kepada client. Jika client sudah oke dan
melakukan pelunasan aplikasi akan langsung diberikan kepada client
B.
Proses
untuk SEO, diantaranya :
1. Client datang menemui kami atau
bertemu di sebuah tempat, lalu client mengunjukkan websitenya kepada kami.
2. Kami akan menganalisasi keyword yang
pas untuk optimasi website yang sudah dibuat.
3. Pencarian keyword akan menggunakan
aplikasi HREF untuk melihat kompetitor - kompetitor menggunakan kata kunci apa
saja.
4. Jika client setuju untuk optimasi
websitenya, kami akan melakukan kontrak kerja persetujuan dengan client
C.
Bahan
Baku :
Adapun bahan baku yang dipakai oleh tim
kami, diantaranya :\
·
Laptop
dan komputer
·
Software
VS Code, HREF, dan Emulator
·
Perangkat
Mobile Device
·
Software
Figma
·
Jaringan
Internet
·
Hosting
3.3
Jumlah Tenaga Kerja
Adapun jumlah pekerja di dalam
perusahaan ini berjumlah 6 orang yang masing - masing mempunyai tugas dan
tanggung jawab masing - masing :
3.3.1
IT Project Manager
·
Mengatur
semua tugas yang developer
·
Melakukan
pemecahan masalah apabila terdapat kendala
·
Melakukan
penjadwalan pengerjaan setiap modulenya
·
Melakukan
meeting dengan client di dalam ataupun diluar kantor
3.3.2
Sekretaris
·
Melakukan
pencatatan client yang datang
·
Melakukan
pencatatan kinerja dari setiap pekerja
·
Bertanggung
jawab dengan IT Project Manager
3.3.3
Bendahara
·
Melakukan
pencatatan keungan masuk dan keluar
·
Melakukan
pembagian hasil kepada pekerja
·
Mengelola
keuangan kantor
·
Membuat
laporan keuangan
3.3.4
Programmer
·
Melakukan
design mockup, struktur data, dan perancangan database
·
Membuat
website ataupun mobile application berdasarkan permintaan client
·
Melakukan
testing terhadap aplikasi yang sudah dibuat
·
Fixing
Bug apabila terdapat bug di dalam aplikasi yang dibuat
·
Melakukan
maintenance apabila client meminta
·
Mempelajari
teknologi terbaru
BAB
IV
ASPEK
KEUANGAN
4.1 Rencana Anggaran Biaya
Biaya
yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp 205.770.000 (
Dua Ratus Lima Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Ribu Rupiah ) dengan rincian
sebagai berikut :
no
|
kebutuhan
|
banyak
|
satuan
|
harga/satuan
|
jumlah
|
|
Tahap Awal
|
||||||
1
|
sewa toko
|
1
|
tahun
|
Rp
50000000
|
Rp
50000000
|
|
2
|
meja + kursi
|
2
|
set
|
Rp
3000000
|
Rp
6000000
|
|
3
|
workspace
|
6
|
set
|
Rp
2000000
|
Rp
12000000
|
|
4
|
kabel rol
|
4
|
buah
|
Rp
35000
|
Rp
140000
|
|
5
|
Alat kebersihan
|
1
|
set
|
Rp
55000
|
Rp
55000
|
|
6
|
Pasang Indihome
|
2
|
set
|
Rp
450000
|
Rp
900000
|
|
total
|
Rp
69095000
|
|||||
Pembelian Alat
|
||||||
7
|
imac
|
6
|
set
|
Rp
21000000
|
Rp
126000000
|
|
8
|
printer
|
1
|
set
|
Rp
1000000
|
Rp
1000000
|
|
9
|
speaker
|
1
|
set
|
Rp
500000
|
Rp
500000
|
|
10
|
papan tulis
|
1
|
set
|
Rp
75000
|
Rp
75000
|
|
total
|
RP
127575000
|
|||||
Alat Lain
|
||||||
11
|
listrik
|
1
|
bulan
|
Rp
500000
|
Rp
500000
|
|
12
|
telepon
|
1
|
buah
|
Rp
700000
|
Rp
700000
|
|
13
|
dispenser
|
1
|
buah
|
Rp
350000
|
Rp
350000
|
|
14
|
kulkas kecil
|
1
|
buah
|
Rp
550000
|
Rp
550000
|
|
total
|
Rp
2100000
|
|||||
15
|
biaya tak terduga
|
Rp
7000000
|
Rp
7000000
|
|||
total seluruhnya
|
Rp 205770000
|
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdirinya berbagai perusahaan dikarenakan adanya kebutuhan
masyarakat dan permintaan pasar yang membutuhkan teknologi untuk mendukung
perkembangan usaha nya, terlebih usaha dalam bidang teknologi yang semakin maju
karena sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang akan mencobanya. Hal itu juga
yang mengispirasi kami untuk membangun usaha yang kami beri nama Oke Oce
Production.
5.2 Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat
berjalan lancar, kami mempunyai beberapa saran,antara lain:
1. Terus mengikuti perkembangan teknologi.
2. Mempunyai etos kerja yang tinggi.
3. Selalu mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
4. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan inovatif.
5. Mengutamakan kepuasan pelanggan.
Komentar
Posting Komentar