PERANCANGAN GAME SIMULASI 'ONE SHOT"
Assalamualaikum..
Selamat siang semuanya, kali ini saya akan menjelaskan perancangan game simulasi 'one shot' dari kelompok softskill saya.. untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat langsung penjelasan dibawah ini yaa..
Jangan lupa untuk nonton tutorial membuat game tersebut di link ini https://www.youtube.com/watch?v=clIUM7HAAb8&feature=youtu.be terimakasihh guys 😊
Selamat siang semuanya, kali ini saya akan menjelaskan perancangan game simulasi 'one shot' dari kelompok softskill saya.. untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat langsung penjelasan dibawah ini yaa..
Jangan lupa untuk nonton tutorial membuat game tersebut di link ini https://www.youtube.com/watch?v=clIUM7HAAb8&feature=youtu.be terimakasihh guys 😊
FLOWCHART
Flowchart
adalah bagan yang menggambarkan urutan instruksi untuk proses dengan komputer
dan hubungan antara suatu proses dengan proses lainnya. Bagan alur program
dibuat dari verifikasi bagan alur sistem. Bagan alur program dibuat dengan
menggunakan simbol-simbol sebagai berikut ini.
PERANCANGAN GAME
Game one shot ini dibuat dengan menggunakan IDE Netbeans sebagai editornya. Untuk melihat rancangan game ini dibuat bisa melihat gambar di bawah ini :
a. Terdapat 3 objek sebagai komponen utama dalam game One Shot. Dimana 3 objek tersebut yaitu:
1. Pemain berperan sebagai user yang memainkan game One Shot melawan pemain target yang berperan sebagai AI dalm game One Shot untuk memperoleh skor.
2. Target berperan sebagai komputer atau AI dengan bergerak menghindar untuk menggagalkan pendapatan score.
3. Score sebagai media untuk memeperoleh angka, dimana jika target terpenuhi makna pemain menang, jika tidak maka pemain kalah
b. Untuk menggerakan pemain hanya dapat menggunakan mouse .
c. Permainan diatur dimana jika target terpenuhi maka pemain menang.
IMPLEMENTASI KODE PROGRAM
Pada bagian implementasi kode program akan membahas mengenai pembuatan aplikasi.
Method di atas berfungsi untuk mengubah tampilan kursor menjadi aim. Pendeklarsian dibuat melalui event pada Jframe yaitu event mouseEntered.
Blok program diatas digunakan untuk pengaturan waktu pada game dimana setiap level hanya memiliki waktu 1 menit 30 detik / 90 detik untuk menyelesaikan misi. jika waktu tersisa <=10 detik maka warna text akan berubah menjadi merah.
Blok program diatas merupakan isi dari method formWindowOpened, dimana method tersebut akan dipanggil ketika program dijalankan, pada method ini berisi setiap gambar yang akan digunakan pada permainan, dimana beberapa gambar diatur akan muncul pada kondisi tertentu, dan akan menghilang pada waktu yang telah disesuaikan.
Method tersebut digunakan untuk membuat gambar senjata dan spark(apa tembakan) muncul sesuai dengan posisi cursor pada sumbu x
Method formMouseClicked merupakan method yang akan dijalankan ketika mouse di klik. Switch diatas digunakan untuk pengaturan gambar peluru dengan variable bullet sebagai jumlah peluru yang setiap mouse diklik akan mengurangi nilai dari variable bullet dan mengeluarkan suara tembakan. Ketika bullet bernilai 0 maka akan mengeluarkan suara reload peluru.
Merupakan pengaturan gambar ketika user mengklik pada target dimana ketiak posisi kursor ada pada bagian kepala maka akan memunculkan text ‘Headshot’, jika tepat pada sasaran akan memunculkan text ‘Right on Target’, dan juga akan memunculkan gambar spark dan bullet hole selain itu tidak akan memunculkan text.
Ketika skor melebihi nilai 100 akan diarahkan ke form baru (Level 2)
Method formKeyPressed akan dijalankan ketika user menginput melalui keyboard. Ketika user mengklik keyboard ESC makan akan menampilkan konfirmasi dialog.
Method pause akan digunkan untuk menghentikan waktu ketiak user mengklik ESC
Method resume akan menjalankan kembali waktu yang terhenti. Unuk blok programnya hamper sama seperti pengaturan untuk menjalnkan waktu pada permainan.
TAMPILAN OUTPUT
a. Tampilan Menu Awal
b. Tampilan Start
c. Tampilan Help
d. Tampilan About
Nah kurang lebih seperti itulah langkah perancangan game simulasi 'one shot'. Semoga bermanfaat yaa.
Komentar
Posting Komentar