APLICATION 3 DIMENTION (BLENDER}
WHAT IS “BLENDER”??
Blender
merupakan perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak
ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi
3D interaktif dan permainan video. Blender juga termasuk
program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh
penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender
memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan
tidak ada sifat royalt kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free
maupun untuk dikomersilkan.
SEJARAH BLENDER
Pada
tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi
yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi
perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi
terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director
juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal. Pada tahun 1995
muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati
ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar
NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a
Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita
NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross
platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya
ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN
dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan
software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini
adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi
yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini
termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender. Karena tidak ingin Blender
hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non
profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah
tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada
tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public
License.
SPESIFIKASI UNTUK PENGINSTALLAN SOFTWARE INI:
1.Intel
pentium III atau lebih/ AMD dan lain-lain
2.Ram
64Mb
3.VGA
4Mb
4.Disk
Space 35Mb
5.Windows
2000 dan lebih, Linux.
BLENDER TERSEDIA UNTUK BERBAGAI SISTEM OPERASI :
1.Microsoft
Windows
2.Mac
OS X
3.Linux
4.IRIX
5.Solaris
6.NetBSD
7.FreeBSD
8.OpenBSD.
FITUR-FITUR DALAM BLENDER
1. Model:
Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva
B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh;
Python Scripting
2. Rigging:
Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
13. Diekseskusi
berukuran kecil, dan distribusi rendah
KELEBIHAN BLENDER 3D
- Interface
user friendly dan tertata rapih
- Tool
untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping
- Texturing,
rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting
- Rendering,
compositing, post production dan game creation.
- Cross
Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
- Dapat
anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun
dan sistem operasi
yang lainnya.
- Kualitas
arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih
- Cepat
dan efisien.
- Dukungan
yang aktif melalui forum dan komunitas.
- File
Berukuran kecil.
- Free
(gratis)
KEKURANGAN BLENDER 3D
- Banyak
pengguna yang belum terbiasa dengan software Blender
- Dukungan
perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada
blender.
- Tool
yang dimiliki tidak kengkap seperti 3D Max
- Tampilan
kurang rapih
- Semua
proses dilakukan dengan Manual.
SUMBER:
http://claudia.budiharto.net/?p=225
https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/
http://musthovadhiqi.blogspot.co.id/2016/11/aplikasi-sinema-digital-berbasis_12.html
https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/
http://musthovadhiqi.blogspot.co.id/2016/11/aplikasi-sinema-digital-berbasis_12.html
Komentar
Posting Komentar