APLICATION 3 DIMENTION (BLENDER}

WHAT IS “BLENDER”??
Blender merupakan perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender juga termasuk program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalt kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan.

SEJARAH BLENDER
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal. Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender. Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.

SPESIFIKASI UNTUK PENGINSTALLAN SOFTWARE INI:
1.Intel pentium III atau lebih/ AMD dan lain-lain
2.Ram 64Mb
3.VGA 4Mb
4.Disk Space 35Mb
5.Windows 2000 dan lebih, Linux.

BLENDER TERSEDIA UNTUK BERBAGAI SISTEM OPERASI :
1.Microsoft Windows
2.Mac OS X
3.Linux
4.IRIX
5.Solaris
6.NetBSD
7.FreeBSD
8.OpenBSD.


FITUR-FITUR DALAM BLENDER
1. Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting

2. Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang

3. Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi

4. Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal

5, UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV

6. Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi

7. Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut

8. Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits

9. Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio

10. Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .

11. Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .

12. Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia

13. Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah

KELEBIHAN BLENDER 3D
- Interface user friendly dan tertata rapih
- Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping
- Texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting
- Rendering, compositing, post production dan game creation.
- Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
- Dapat anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan                    sistem operasi yang lainnya.
- Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih
- Cepat dan efisien.
- Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
- File Berukuran kecil.
- Free (gratis)

KEKURANGAN BLENDER 3D
- Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan software Blender
- Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada blender.
- Tool yang dimiliki tidak kengkap seperti 3D Max
- Tampilan kurang rapih
- Semua proses dilakukan dengan Manual.


SUMBER:
http://claudia.budiharto.net/?p=225
https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/
http://musthovadhiqi.blogspot.co.id/2016/11/aplikasi-sinema-digital-berbasis_12.html
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PROPOSAL BISNIS DI BIDANG IT

Hirarki Manajemen Perangkat I/O

KELEMAHAN DARI TEORI PERMAINAN