PENGANTAR TEKNOLOGI GAME#
TEKNOLOGI
GAME
Secara umum teknologi
dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan
secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan
Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh
piranti video. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti proses
baik berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam
upaya untuk mendukung kinerja dari game.
UNITIY
3D
Unity 3D adalah sebuah
game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat
sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android,
iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX. Unity adalah sebuah tool yang terintegerasi untuk
membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan
games Online. Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling,
dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D
editor lain seperti 3dsmax atau Blender.
DESAIN SKENARIO/SCRIPT
Skenario adalah urutan
cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan
yang diinginkan. Dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih
mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat
sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game
yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi
kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan
eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain
dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik.
Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan
sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design
documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua
segi game yang direncanakan.
Skrip (script) adalah
semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa
aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa
pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa
pemrograman yang lebih kompleks itu. Script adalah bahasa yang digunakan untuk
menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses. Jenis script
sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah situs. Semakin
banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif
serta terlihat lebih bagus.
ARTFICIAL
INTELLIGENCE
Salah satu unsur yang
berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan
buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya
manusia. Kecerdasan buatan (Artficial Intelligence) merupakan salah satu bagian
dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat
melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa
lebih baik daripada yang dilakukan manusia.
Menurut John McCarthy,
1956, AI : untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan
mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. Cerdas, berarti memiliki
pengetahuan dtambah pengalaman, penalaran (bagaimana membuat keputusan dan
mengambil tindakan), moral yang baik.
Sumber
:
[1] Pranata,Baskara
Arya dkk. 2015. Mudah Membuat Game dan
Potensi Finansialnya dengan Unitiy 3D. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
[2] Suyanto. 2014. Artificial Intelligence
Searching-Reasoning-Planning-Learning. Bandung : Informatika Bandung.
[3] Tridhonanto, AI dan
Beranda Agency. 2011. Optimalkan Potensi
Anak dengan Game. Jakarta : PT Elex
Media Komputindo.
[4] Yohanes, Stevie
dkk. 2016. Pembuatan Puzzle Adventure
Game menggunakan Unitiy. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/4508/4133
diakses Senin 18 Maret 2019, pukul 20.44
Komentar
Posting Komentar